MELUKIS DALAM DOA


Oleh:  FITRIANA LESTARI
           
Dhelisa berjalan dengan penuh senyum yang mengembang sejak ia  berada di rumah kosnya. Dengan pakaian tertutup, khas dengan hijab lebar yang sederhana dan wajah yang tak terpoles bedak sedikitpun, ia berjalan menuju sebuah masjid yang biasa ia hadiri 2x dalam seminggu  untuk mengabdikan diri kepada anak-anak yatim bersama dengan teman satu kampus; Miftakh, Khoir, dan Zahra.                                                                             
Disepanjang  jalan menuju masjid, Dhelisa tak mampu untuk menyembunyikan senyumannya, bahkan Dhelisa sendiri tak mampu untuk menahan gembiranya saat ia akan bertemu dengan  ketiga temannya itu, karena tentu saja ada yang berbeda dari teman-temannya itu,  Miftah. Sejak pertama kali  bertemu dengan Miftah, Dhelisa sudah merasakan sesuatu yang aneh, perasaan yang berbeda di dalam hatinya.                                      
Sesampainya di Masjid, seperti biasa Dhelisa datang lebih awal dibanding yang lainnya. Gadis berhijab itu memasuki Masjid dan duduk diteras Masjid. Tangannya pun terulur untuk mengambil sebuah buku yang selalu ia bawa. Buku itupun ia baca untuk menemani waktu menunggunya. Menunggu teman-temannya datang, tepatnya menunggu Miftah datang.  Sesekali Dhelisa mengalihkan pandangannya ke arah pintu gerbang kecil Masjid dan kembali lagi fokus ke bukunya. Selalu seperti itu. Lama setelah itu, langkah kaki seseorang yang sedari tadi Dhelisa tunggu terdengar di telinganya. Dhelisa tidak bisa membohongi hatinya. Ia bahagia, dan senyum kecilpun menghiasi bibirnya.                                
“Assalamualaikum, ukhty Dhelisa sudah lama sampai disini?” terdengar suara Miftah di telinga Dhelisa. Pria yang sejak tadi ia tunggu.                                                                                
“ Walaikumsalam, eh  Akhy Miftah, tidak terlalu lama tapi saya sudah selesai membaca 4-5 judul cerpen. Pria itu pun tersenyum manis mendengar jawaban Dhelisa. Tangan Miftah pun terulur untuk mengambil Al-Qur’an kecil dari dalam tasnya. Dan memposisikan duduk sedikit jauh dari Dhelisa.                                                                                   
 “kalau cerpen yang Ukhty baca satu judul satu buku, itu lama sekali. ” kata Pria itu dengan membuka lembaran kitab yang ia pegang.                                                             
“tidak  Akhy, baru beberapa menit saja, ngomong-ngomong Akhy Khoir dan Ukhty Zahra belum juga datang?” tanya Dhelisa.                                                                                     
“mungkin sedang dalam perjalanan Ukhty, anak-anak saja masih banyak yang belum datang sebaiknya kita tunggu saja” jawab pria itu.                                                   
“ammayatshaaluun.. anninnabailadzim..”,                                                                           
Nadanya terdengar begitu indah, satu ayat  melekat dalam pikiran.                                   Begitulah Pria yang Dhelisa kenal, jika sedang menunggu Pria itu luangkan waktu menunggunya dengan melantunkan Ayat suci Al-Qur’an. Berbeda dengan  Akhy Khoir jika menunggu hanya memegang pada ponselnya, mengajak berbicara Dhelisa pun tidak. Itu sebabnya Dhelisa begitu terpesona kepada Pria yang Dhelisa sebut Akhy Miftah.                                   
Tampaknya waktu yang menciptakan semua ini, mengenal Miftah bukan berarti harus tahu semua tentangnya. Pertemuan yang seringkali terjadi mampu membuat dhelisa menilai kebaikannya, sikap lemah lembutnya, kesabarannya. Dhelisa sama sekali tidak pernah terpikir untuk mengenalnya lebih dekat lagi, meminta no ponselnya, mungkin terlalu berlebihan.                                                                    Disembunyikan  serapat apapun pasti akan ketahuan. Disaat Dhelisa dan Zahra pulang bersama, tidak sengaja Zahra membuka buku milik Dhelisa, ada sepotong kertas kecil yang tertulis nama Miftah terselip dilembaran bukunya.                                                                          
“Dhelisa,kau menyimpan rasa kepada Ustad Miftah kenapa tidak kau ungkapkan saja pada orangnya?” Tanya Zahra.                                                                                                        
Dhelisa menjawab,                                                                                          
 “Apa? Mengungkapkannya? Bukankah wanita shalihah itu harus menjaga pandangan dan hatinya.  aku tidak ingin terjerumus oleh cinta dunia yang menyesatkan ini.”                                     
“ Apa? Cinta? Benarkah kau cinta padanya? Biar ku sampaikan pada Miftah ya Dhe?” Zahra sedikit menggoda Dhelisa.                                                                                                  
“tidak Zahra, ini bukan cinta hanya sekedar mengagumi?”                                      
“benarkah?” lagi-lagi Zahra menggoda.                                                                    
Tidak!  Zahra percayalah.” Dhelisa mencoba menyakinkan Zahra.                        
Dhelisa tidak menginginkan Miftah mengetahui perasaannya, dan mencoba menjelaskan semuanya pada Zahra.                                                                                                
  “Zahra, Salah jika Aku mengharapkannya? Aku benar mengharapkannya, namun harapan itu tersalur di setiap sujudku. Sekali lagi ku tegaskan ini bukan cinta! Ini hanya sebuah rasa kagum namun kekaguman itu membuatku mengharapkan pendamping seperti Akhy Miftah. Bukankah semua wanita itu mengharapkan pendamping hidup yang baik, shalih yang mampu menuntun kejalan yang lurus dan membimbing ke syurga.                            
“Baiklah Dhelisa, Aku akan diam, tapi sampai kapan kamu akan menyembunyikan rasamu ini?” Zahra mencoba berjanji untuk tidak menyampaikannya pada Miftah.                                  
“biar waktu saja yang akan menjawab.” Dengan menepuk punggung zahra.                        “seperti lagu saja jawabanmu itu.” Sedikit menggoda,dan Zahra memberi saran kepada Dhelisa, 
“Dhe, bukankah kita wanita berhak mengungkapkan perasaan kepada Pria seperti Siti Khodijah dahulu yang menyatakan ingin menikahi Rasul.”                                  
“Zahra, Siti Khodijah kan Istri Nabi aku hanya manusia biasa yang punya rasa tak pantas jika mengatakannya. Biarlah Zahra ku jaga cinta ini dalam diam.”                                    
Cukup Dhelisa menjadi pengagum rahasianya, setidaknya Pria itu adalah lukisan pendamping hidup yang selama ini Dhelisa nantikan. Bukankah jodoh adalah cerminan biar Dhelisa  perbaiki diri  agar ia mampu menjaga hati dan tak terjerumus dalam cinta dunia yang menyesatkan.     
Sadar akan siapa dirinya, jauh dari kata shalilah jauh dari baik namun ia selalu belajar dan berusaha menjadi wanita yang shalihah. Ia isi waktu penantiannya dalam sabar, menanti dalam taat. Berharap penuh keikhlasan, Pria yang ia kagumi, Pria yang ia nanti meskipun jika diujung penantian kelak ternyata bukan dia seseorang yang Dhelisa kagumi selama ini, keyakinannya seseorang itu adalah yang terbaik untuk Dhelisa.                                               
Sekalinya Dhelisa menatap tatapan  Pria itu, tak sedikitpun ia mampu menatapnya lebih lama. ia harus tetap menundukan pandangannya, kecuali jika Pria itu tak mampu melihatnya. Andai saja Dhelisa mampu merubah tubuhnya menjadi banyangan semu hingga Pria itu tak mampu melihatnya mungkin Dhelisa akan menatapnya lebih lama.                           
Jika Dhelisa inginkan, ia mampu menghilangkan rasa itu tidak sulit baginya menghilangkan rasa itu. Hal mudah untuk membuang jauh rasa itu. Baginya yang sulit bukan menghilangkan rasanya namun menjaganya untuk tetap terjaga suci dalam hati itu membutuhkan perjuangan, kesabaran, keikhlasan, dan usaha yang tak sedikit.                             
Dhelisa yang hanya mampu meneriakkan namanya didalam derasnya hujan, memandangnya dari kejauhan, menyapanya dalam senyuman, mengaguminya dalam diam.            
Sepenggal nama yang selau Dhelisa harapkan, Pria yang Shalih, baik Akhlaknya, sepadan umurnya, dan berharap mampu memberinya mahar surat Al-Mulk.                                 
Disaat Dhelisa merindukan Miftah, ia menceritakannya pada Zahra lewat telepon. “aku rindu Zahra, rindu hingga patah hati dalam diam, apa yang harus ku lakukan semakin ku sebut namanya dalam doa ku semakin mengharapkannya.”                                                       
 “sudah ini bukti perjuanganmu menjaga hati Dhelisa percayalah suatu hari nanti kamu dapat meraih cinta yang suci bersemi tidak hanya di dunia namun bersemi hingga Surga-Nya, apakah kau sudah menceritakan hal ini kepada orangtuamu? Dari buku yang pernah ku baca cinta dalam diam itu lebih baik diceritakan pada Ibu dan Ayah mu karena doa mereka sangat luarbiasa.” Zahra mencoba memberi saran Dhelisa.                                                                             
Penantian yang cukup panjang bagi Dhelisa, memendam perasaan yang sudah cukup lama ia simpan berharap suatu hari nanti Naman Dhelisa lah yang Pria itu temukan dalam istikharohnya.                     Hingga suatu hari entah angin apa yang menyapa, Miftah tiba-tiba datang menghampiri Dhelisa yang sedang duduk membaca buku. Dan wrrrr~ hati ini berasa seperti habis disimpan didalam lemari es lalu dipanaskan ditengah teriknya matahari ketika senyum manisnya mulai terlihat. Dengan menutup lembaran buku yang Ia pegang Dhelisa menyapa dengan senyuman sambil berkata,              “Ada apa Akhy, ada yang bisa saya bantu, masalah anak-anak mungkin?” dengan bibir gemetar dan kata-kata yang gugup Miftah menjawab,                                                                         
“Tidak, bukan itu Ukhty!” hati Dhelisa seperti bunga-bunga yang bermekaran seolah-olah ada hal lain yang akan dibicarakan.                                                                                 
  “Lalu Akhy??”                                                                                                                                           “Maaf  Ukhty Dhelisa sebelumnya, kapan Ukhty siap menikah? Kalau ada Pria yang ingin meminang harus seperti apa? Maaf ya Ukhty kalau pertanyaan nya membuatmu enggan menjawab. Miftah terlihat gugup sekali. Baru saja Dhelisa ingin membuka mulut menjawab pertanyaan itu, Miftah tiba-tiba,  “ Jika enggan menjawabnya pun tidak apa Ukhty biar ku pergi saja.                                          “Tidak Akhy, tidak apa akan ku jawab. Sedikit menarik nafas. “siapapun Pria itu, kapanpun Pria itu hadir. Asalkan Ia shalih, baik akhlaknya, sepadan umurnya, dan Ia mampu memberiku mahar surat Al-Mulk lalu menyampaikan keinginannya kepada Ayahku dan jika Ayah Ibuku menerimanya aku pun akan menerimanya. Karena pilihanku pilihan Ayah, datang saja kerumah Orangtuaku.                              “ Hanya itu? Ustad terlihat kegirangan mendengar jawaban Dhelisa. Singakat saja Dhelisa menjawab, “iya”                                                                                                              
      Dengan seraya berdiri dari kursi Miftah menjawab,                                                        
      “Baiklah kalau begitu, permisi pergi dulu ya Ukhty, lanjutkan saja membacanya.  Dhelisa bahagia sekali merasa ada jawaban atas segala doa yang Ia panjatkan dalam ribuan sujudnya. Dengan segera Ia menceritakan kepada teman baiknya Zahra, kebetulan  Zahra memang akan menemui Dhelisa.                                                                      
“Assalamualaikum Dhe kau tahu tidak tadi Ustad Khoir menanyakan alamat..,” Zahra belum selesai berbicara tiba-tiba Dhelisa memotongnya .                                                                    
“Walaikumsalam Zahra, tunggu biar aku ceritakan dulu ada yang lebih penting harus kamu tahu, kamu tahu tidak, tadi Miftah menemuiku duduk tepat didepanku, menatap mataku, menanyakan kapan Aku siap menikah. Oh Zahra pasti kau dapat merasakan apa yang kurasakan saat ini.” Penuh dengan senyuman seraya membayangkan  Miftah meminangnya.   “Benarkah Zahra? Sungguh? Tapi kenapa tadi Akhy Khoir menanyakan alamat rumah Orangtuamu.                                                                         ” Zahra sedikit bingung. “entahlah Zahra, Aku tak ingin tahu itu.” Dengan nada tak peduli namun Zahra mengerti betul perasaan sahabatnya saat ini.                                                   
“Ya sudah kalau begitu Zahra, besok libur apakah kamu akan pulang?”                                    
“Iya Zahra aku akan pulang, ingin menceritakan semuanya kepada Ayah Ibuku.” Tetap dengan jawaban penuh senyum.                                                                                             
Keesokan harinya tibalah Zahra di Rumah, rasa rindu keluarganya terobati setelah bertemu dan bercerita tentang Pria yang kemarin menanyakan kapan Ia siap menikah, canda tawa Ayah Ibu dan Adik-adiknya pecah dengan cerita Dhelisa. Selepas bercerita tak lama Dhelisa menemui sahabat lamanya.                                                                                                 
 Sepulang dari rumah sahabatnya Dhelisa dikejutkan dengan kedatangan beberapa orang di rumahnya. Wajahnya merah, ada apa ini, Akhy Khoir, dan beberapa oranglainnya terlihat orangtuanya. Apa? Akhy Khoir melamarnya, Pria Shalih, berakhlak baik, siap memberi mahar surat Al-Mulk akan meminangnya.                                                                       
Allah menjawab Doanya tapi tidakkah tertukar nama yang selalu ia panjatkan. Mungkinkah Allah keliru?  Dhelisa rasa tidak  mungkin, Allah Maha Tahu Segalanya, seharusnya tidak ada sedikitpun keraguan atas takdir Allah. Dan Ayah Dhelisa tidak ada alasan untuk menolak lamaran Pria shalih yang diam-diam mencintai Dhelisa.                            
Dalam diamnya Akhy Khoir menyimpan harapan Kepada Dhelisa. Melukis  nama Dhelisa dalam Doa, karena jika melukisnya dalam kertas bisa saja kertas itu rusak. Mengenal dan mencari tahu tentang siapa Dhelisa, semua ia lakukan lewat teman dekatnya Miftah. Jika Allah sudah berkehendak, siapa yang bisa menolak. Jika Allah sudah mengizinkan siapa yang bisa menahan.


No comments:

Post a Comment

Menulis adalah obat segala kegelisahan yang menyelimuti hati

Ketika Zulaikha mengejar cinta Yusuf, semakin menjauh Yusuf darinya. Namun ketika Zulaikha mengejar cinta Allah, Allah datangkan Yusuf kepadanya.