Letakkan dulu HPmu



Letakkan dulu HP mu

Sesungguhnya Rasulullah _Shollallahu alaihi wassalam_ pernah menerima sebuah cincin, beliau pun mengenakannya. 

Kemudian beliau berkata kepada para Sahabatnya,

*_"Cincin ini telah memecah perhatianku dari kalian, terkadang aku melihat cincin ini, terkadang aku melihat ke kalian. Maka beliau pun melempar cincin tersebut."_*
( HR. Nasai, Hadits Shohih. Ahmad Syakir dan Al-Albani menyatakan bahwa isnad hadits ini Shohih)

Ini merupakan adab yang dituntunkan oleh Nabi _Shollallahu 'Alaihi Wassalam_, yakni *janganlah seseorang sibuk sendiri dengan sesuatu hal ketika sedang bermajelis*, bahkan ia seharusnya mencegah sebab-sebab yang dapat membuat terpecahnya perhatian.

Sungguh mulia tuntunan Nabi _Shollallahu 'Alaihi Wassalam_ diatas. *betapa sering kita sibuk dengan HP kita sendiri ketika sedang berkumpul, bertemu, berbicara dengan orang lain*, atau yang lebih parahnya ketika kita *sedang menghadiri kajian_*.

Kalau perlu, ikuti yang dilakukan oleh Nabi _Shollallahu 'Alaihi Wassalam_. Buang saja HP kita. Tentunya kita akan merasa _eman-eman_ untuk melakukan ini. Maka hendaknya kita menyingkirkan sementara HP ini demi terfokusnya perhatian kita.

========================

No comments:

Post a Comment

Menulis adalah obat segala kegelisahan yang menyelimuti hati

Ketika Zulaikha mengejar cinta Yusuf, semakin menjauh Yusuf darinya. Namun ketika Zulaikha mengejar cinta Allah, Allah datangkan Yusuf kepadanya.